Cara Mengajar Remaja


Monday, August 21, 2017

ADVERTISEMENT
Karakteristik masa remaja dapat dilihat dari tiga segi, yakni konsep masa remaja, keunikan para remaja, dan kebutuhan para remaja. Masa remaja merupakan masa antara permulaan pubertas dan kedewasaan yang ditandai oleh tekanan dan ketegangan, sifat yang lebih sensitive, pertentangan nilai-nilai dan harapan-harapan, dan tugas-tugas perkembangan yang khusus.

Keunikan masa remaja bukan pada keremajaannya, melainkan pada individualitasnya yang berbeda-beda dalam berbagai aspek. Para remaja memiliki kebutuhan umum manusia, kebutuhan akan identitas, kebutuhan akan bantuan orang dewasa yang mengerti keadaan mereka, misalnya membuat keputusan sendiri, tetapi juga membutuhkan bimbingan orang dewasa, bebas dari dominasi orang dewasa, dan sebagainya.

Remaja memiliki banyak potensi, dan karenanya pengukurannya sebaiknya menggunakan bermacam-macam tes. Kemudahan belajar bagi para remaja dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

keseimbangan antara pembatasan dan kebebasan.

memeperlakukan mereka sebagai pribadi.

mengakui suara dan pilihan mereka.

mengakui mereka oleh kelompok mereka.

mengenal inteligensi dan gaya belajar.

memepercayai mereka dan memberikan semangat.

memeahami diri dan kebudayaan remaja.

mengurangi penggunaan angka-angka.

guru bertindak sebagai model serta menerima tantangan dan beban atas dirinya.

Konsep remaja defiant mirip dengan kenakalan, tetapi bukan kenakalan. Ia adalah sifat yang tidak menyenangkan. Perilaku ini disebabkan oleh rasa bimbang dan bingung, merupakan antagonism terhadap sikap orang dewasa yang mereaksi dengan perasaan, bukan dengan pemikiran. Guru perlu mengetahui motivasi dan perilaku para remaja dan berusaha menyusun perencanaan dan usaha berdasarkan preposisi-preposisi tertentu.



Ayo, Pasang Iklan Gratis 6 Bulan