Guru dewasa ini berkembang sesuai dengan fungsinya, membina
untuk mencapai tujuan pendidikan. Lebih-lebih dalam system sekolah sekarang
ini, masalah pengetahuan, kecakapan, dan keterampilan tenaga pengajar perlu
mendapat perhatian yang serius. Bagaimanapun baiknya kurikulum, administrasi,
dan fasilitas perlengkapan, kalau tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas
guru-gurunya tidak akan membawa hasil yang diharapkan. Oleh karena itu,
peningkatan mutu tenaga-
tenaga pengajar untuk membina tenaga-tenaga guru yang professional adalah unsur yang penting bagi pembaruan dunia pendidikan.
tenaga pengajar untuk membina tenaga-tenaga guru yang professional adalah unsur yang penting bagi pembaruan dunia pendidikan.
Sering dipertanyakan mengapa bimbingan dan penyuluhan itu
dirasakan perlu sekali, bahkan mutlak perlu dilaksanakan di tiap-tiap sekolah.
Perkembangan zaman modern yang pesat banyak menimbulkan perubahan dan kemajuan
yang mencakup berbagai aspek kehidupan didalam masyarakat. Di samping itu,
pertambahan penduduk yang kian hari kian meningkat cukup berpengaruh terhadap
perkembangan kehidupan. Dalam situasi tertentu kadang-kadang terjadi konflik
antara guru dan siswa sehingga situasi pertentangan itu sangat sulit bagi guru
untuk menyelesaikannya. Untuk itu perlu adanya pihak lain yang dapat
menyelesaikan konflik tersebut.
Guru sebagai pengajar
Salah satu tugas yang harus dilaksanakan oleh guru di
sekolah ialah memberikan pelayanan kepada para siswa agar mereka menjadi siswa
yang selaras dengan tujuan sekolah itu. Melalui bidang pendidikan, guru
mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, baik social, budaya, maupun ekonomi.
Dalam keseluruhan proses pendidikan, guru merupakan factor
utama yang bertugas sebagai pendidik. Guru memegang berbagai jenis peranan.
Yang dimaksud sebagai peranan ialah pola tingkah laku tertentu yang merupakan
ciri-ciri khas semua petugas dari pekerjaan atau jabatan tertentu. Guru harus
bertanggung jawab atas hasil kegiatan belajar anak melalui interaksi
belajar-mengajar.
Guru merupakan factor yang mempengaruhi berhasil-tidaknya
proses belajar, dan karenanya guru harus menguasai prinsip-prinsip belajar di samping
menguasai materi yang akan diajarkan. Dengan kata lain: guru harus mampu
menciptakan suatu situasi kondisi belajar yang sebaik-baiknya.
Guru sebagai pembimbing
Bimbingan adalah proses pemberianbantuan terhadap individu
untuk mencapai pemahaman dan pengarahan diri yang dibutuhkan untuk melakukan
penyesuaian diri secara maksimum terhadap sekolah, keluarga, serta masyarakat.
Dalam keseluruhan proses pendidikan guru merupakan factor
utama. Dalam tugasnya sebagai pendidik, guru memegang berbagai jenis peran yang
mau tidak mahu harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Setiap jabatanatau tugas
tertentu akan mentuntut pola tingkah laku tertentu pula, dan tingkah laku itu
merupakan ciri khas dari tugas atau
jabatan tadi. Sehubungan dengan peranannya sebagai pembimbing, seorang guru harus:
1. Mengumpulkan data tentang siswa.
2. Mengamati tingkah laku siswa dalam situasi sehari-hari.
3. Mengenal para siswa yang memerlukan bantuan khusus.
4. Mengadakan pertemuan atau hubungan dengan orang tua siswa,
baik secara individu maupun secara kelompok, untuk memperolah saling pengertian
tentang pendidikan anak.
5. Bekerja sama dengan masyarakat dan lembaga-lembaga lainnya
untuk membantu memecahkan masalah siswa.
6. Membuat catatan pribadi siswa serta menyiapkannya dengan
baik.
7. Menyelenggarakan bimbingan kelompok atau individu.
8. Meneliti kemajuan siswa, baik disekolah maupun di luar
sekolah.