Tujuan guru
Ruang lingkup tujuan guru lebih sempit dibandingkan dengan
tujuan sekolah. Tujuan guru dimaksudkan untuk memberikan rujukan kepada guru
dalam memilih, menitikberatkan, dan mengurangi atau menghilangkan mata ajaran,
material, dan kegiatan-kegiatan sewaktu memperisapkan rencana pelajaran,
pengajaran kelas, atau studi lapangan.
Tujuan guru dinyatakan dalam aspek pengetahuan atau
pemahaman, sikap, dan keterampilan. Dalam rencana pelajaran, tujuan-tujuan guru
digunakan sebagai pengantar bagi deskripsi mata ajaran dan kegiatan-kegiatan
yang lebih spesifik. Beberapa contoh tujuan guru adalah:
Pemahaman tentang masalah-masalah politik.
Pengapresiasian sajak, lukisn, dan arsitektur.
Keterampilan berbicara, membaca, mendengarkan, membuat daftar,
dan sebagainya.
Tujuan guru dapat menjadi subkategori dari tujuan sekolah.
Misalnya, dengan membantu siswa memahami masalah-masalah politik (tujuan guru),
guru dapat juga membantu mereka memahami dan mengkaji pendapat-pendapat orang
lain mengenai masalah-masalah tentang tujuan sekolah. Ini berarti harus ada
kaitan antara tujuan guru dan tujuan sekolah.
Tujuan siswa
Tujuan siswa menunjuk pada opsi dan rencana yang dinyatakan
dan diajukan oleh siswa. Para siswa mungkin punya alasan tertentu untuk mempelajari
materi atau mata ajaran tertentu. Tujuannya mungkin untuk memperoleh
pengetahuan yang dianggapnya berguna dalam pekerjaan, atau untuk mencapai
tingkat dengan mudah, atau ada tujuan lainnya. Dalam kondisi ini, masukan dari
siswa berguna bagi perencanaan kurikulum.